VISI :
Kami berusaha menjadi pusat ritel perlengkapan
rumah dan gaya hidup yang terdepan di Indonesia.
MISI :
Kami bertujuan memberikan pilihan lengkap untuk
produk berkualitas tinggi dengan harga kompetitif, ditunjang pelayanan
pelanggan oleh tim profesional.
TUJUAN :
untuk mengakomodir kebutuhan pasar yang luas di
Indonesia dengan mengusung kemudahan transaksi, kelengkapan produk dan layanan
yang prima menjadikan berkembang pesatnya perusahaan ini.
SEJARAH :
Sejarah Kawan Lama dimulai pada tahun 1955 ketika
almarhum Mr. Wong Jin mendirikan toko perkakas sederhana berukuran 2x3 meter di
Kawasan Glodok,
Jakarta.
Terus berkembang mulai periode 1970-an, bisnis keluarga ini menerapkan pendekatan yang lebih
personal kepada para pelanggannya. Tidak hanya menunggu pelanggan datang tetapi
langsung mendatangi mereka. Hubungan langsung dengan para principal di berbagai
negara terus dibangun.
Tahun 1980, generasi kedua keluarga Wong Jin
memformalkan usahanya dengan nama "PT Kawan Lama Sejahtera". Tahun
1982-1990 merupakan era ekspansi besar-besaran dengan mengembangkan jaringan
distribusi ke berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa anak perusahaan didirikan
dengan spesialisasi memasok dan melayani kebutuhan-kebutuhan pasar yang
sifatnya khusus. Toko pun pindah ke pusat pertokoan empat lantai di Glodok Jaya
yang nyaman, dengan konsep one stop shopping.
Tahun 1995-1996, dengan semakin banyaknya produk
yang dipasarkan dan agar lebih fokus melayani dan memenuhi kebutuhan pelanggan,
maka diluncurkan kebijakan membangun "Grup Kawan Lama". Sejumlah anak
perusahaan Kawan Lama yang didirikan antara lain "PT Ace Hardware
Indonesia", "PT Informa Furnishings" (dahulu "Index
Furnishings"), "Indokompresigma", "Global Tools Indonesia",
"Kawan Lama Multiweldindo", "Millerweldindo", "Toys
Kingdom", "Chatime", dan "Kawan Lama Internusa".
Periode ini Kawan Lama meraih Sertifikat ISO 9002.
Tahun 1996, kantor pusat pindah ke gedung baru
berlantai 9 di kawasan Meruya-Kembangan, Jakarta Barat. Perpindahan ke kantor
dengan total luas sekitar showroom 2.000 m2 ini bukannya tanpa alasan. Kemajuan
bisnis Kawan Lama membutuhkan fasilitas kantor yang benar-benar bisa menjadi
tempat yang bagus untuk melayani pelanggan dan mitra bisnis dengan baik dan
memuaskan. Letaknya yang sangat strategis bagi pengembangan bisnis juga tidak
lepas dari pertimbangan utama untuk memilih tempat di kawasan Puri-Kembangan
ini.
Memasuki 1997-1998, ketika Indonesia didera
krisis ekonomi dan politik, Kawan Lama justru berhasil menciptakan brand
sendiri, Krisbow, yakni produk perkakas teknik, industri, permesinan, kebutuhan
rumah tangga, dan hobi. Produk Krisbow memiliki keunggulan tersendiri, harganya
terjangkau dengan kualitas yang tetap terjaga. Kelahiran merek Krisbow dipicu
idealisme melahirkan produk alternatif sebagai solusi saat krisis moneter
tersebut. Nama 'Krisbow' sendiri berasal dari nama salah satu pemilik, Krisnadi
Wibowo.
Menyadari pasar yang lebih kompetitif dan
tantangan era global, pada tahun 2004 kawan lama menetapkan visi baru:
perusahaan kelas dunia (world class company). Dinamika ini diikuti oleh
peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan. Hal ini dipenuhi dengan
pembaruan ISO 9002 menjadi ISO 9001:2000, lalu pembaruan dari 9001:2000 menjadi
9001:2008.
Tahun 2011, dengan berkembangnya teknologi
informasi dan bisnis online di Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera meluncurkan
bisnis unit barunya yaitu Kawan Lama Online.
SASARAN :
Sasaran di tujukan untuk otlet terbesar di
Indonesia. Sebagai mana mestinya untuk mempermudah pemasaran produk produk dari
PT. KAWAN LAMA.
PENDAPAT SAYA :
Untuk
VISI DAN MISI PT. KAWAN LAMA ini yaitu sebaiknya memasarkan di daerah Pedesaan
karena di daerah itu sangat banyak membutuhkan alat alat yang di jual oleh PT.
KAWAN LAMA. Maka dari itu akan mempercepat juga pemasaran product tersebut.
Merekrut karyawan yang tingkat kualitas SDM nya yang sangat bagus, sehingga
dapat membantu kelancaran dalam operasional bisnis ini. Dan memberi dampak
positif bagi perekonomian di Inonesia dan daya kerja masyarakat.
Dari segi tujuan dan sasaran yang ingin menjadi
nomor satu di Indonesia, yaitu menjadikan contoh perusahaan yang baik dan
sangat gigih dalam persaingan retail di Indonesia, saya berharap bahwa
perusahaan ini mampu membukikan VISI dan MISI yang menjadikan panutan dalam
mencapai tujuan bersama.
ANALISIS VALUE
CHAIN
ANALISIS IFAS DAN EFAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar